Hindari 3 Penyebab Komedo dan Kenali Solusinya

Kalau komedo tumbuh banyak di wajah, pasti gemes mau dipencetin. Mau tau apa sih penyebab komedo?

Dengan baca lengkap info ini sampai habis anda bisa paham betul tentang komedo.

Mulai dari penyebabnya, resikonya, solusinya, resep tradisonalnya, obat komedo yang ampuh dan banyak lagi hal penting lainnya. Yuk…

Penyebab komedo yang pertama, pasti sering anda lakukan

Yang paling pertama itu sebenarnya dari makanan dulu.

Penyebab terbanyak komedo yaitu makanan yang banyak mengandung minyak atau biasanya yang digoreng.

Ini kebiasaan umum bangsa Indonesia. Tak lengkap rasanya sehari tanpa gorengan.

gorengan berminyak penyebab komedo yang paling utama

sumber gambar: blog.primera52.co.id

Asupan minyak yang tinggi memicu kelenjar minyak di kulit untuk mengeluarkan minyak yang disebut sebum ke pori-pori.

Akibatnya kalau sebum sudah terakumulasi banyak di daerah hidung dan pipi biasanya disebut sebagai daerah T, maka itulah yang menjadi komedo.

Banyak makan minyak = banyak komedo. Perhatikan makanannya ya ladies

Ditambah lagi dengan sel-sel kulit mati yang menutup pori-pori kulit sehingga lebih mempercepat terbentuknya komedo.

Jadi sebenarnya komedo itu adalah minyak yang mau keluar dari pori-pori akan tetapi tertutup atau tersumbat karena wajah yang kotor.

Penyebab kedua komedo, sering dilakukan mahasiswa

Tidak jarang kan kita beraktivitas diluar kemudian wajah kena debu dan kotoran lainnya. Atau misalnya kita dari luar memakai make-up kamu pulang dalam keadaan capek langsung tidur.

Seringnya nih ya, cewek-cewek yang masih mahasiswa, ayoo.

Kalau udah capek pulang kampus atau habis praktek, pulang langsung tidur aja.

Makan minyak + malas bersihin muka = komedo tambah banyak

Jangan dibiasakan ya, rugi sendiri kalau komedonya malah jadi infeksi.

Merokok bisa menyebabkan komedo?

Ini dian penyebab komedo yang ketiga yaitu merokok.

Kok bisa? ya bisa…

Karena banyaknya kandungan radikal bebas dalam rokok, semakin mempercepat kematian sel-sel permukaan kulit. Jadinya ya kembali lagi seperti tadi sel-sel kulit mati menutupi pori-pori dan menyebabkan komedo.

Wanita merokok, bukan tambah cantik lho… tambah komedo iya

Jadi tambah satu lagi alasan untuk tidak merokok ya guys.

Yang namanya kulit wajah yang sehat tentunya terhindar dari hal-hal yang seperti jerawat, dan juga komedo. Hal-hal yang membuat wajah kita terlihat kusam tidak menarik, bahkan bisa mengganggu kepercayaan diri kita.

Tapi kalau pas mau menstruasi, biasanya muncul jerawat atau komedo yang membandel.

Kadang juga karena make-upnya terlalu sering jadi kadang muncul komedo. Dan memang bikin kita gemes. Rasanya mau dipencetin aja semuanya.

Di manakah komedo paling sering muncul?

Komedo itu biasanya muncul di hidung akan tetapi juga bisa muncul di daerah lain seperti di pipi bagian atas, bisa ada di bawah mata juga muncul.

Yang jadi masalah karena komedo itu merusak penampilan dengan warna dan bentuknya.

Kalau make up jadi gak rata kan. Muncul seperti titik titik warna hitam di wajah.

Kalau komedo muncul bagusnya diapain?

Aku kalo udah kesel kesel banget dipencetin sih komedonya.

Nah biasanya ada yang memakai plester komedo seperti ini, ditempelkan di hidung kemudian ditarik diangkat maka komedonya pun ikut terangkat.

Atau dengan memakai obat oles cap wayang pembersih komedo. Dengan kandungan curcumin, sulfur dan cassia fistula efektif dan sudah terbukti.

Baca juga: Obat jerawat cap wayang dijual bebas di apotik?

Obat penghilang komedo cap wayang kemasan 35ml

Apakah boleh memencet komedo?

Saking gemasnya kadang kita ingin segera menghilangkan komedo tersebut dari wajah dan cara yang paling cepat adalah dengan dipencet.

Kadang sampai merah-merah bengkak dan bahkan luka.

Sebenarnya kebiasaan memencet komedo sebaiknya dihindari.

Ada yang memencet dengan kuku-kuku jari, atau dengan menggunakan tisu.

Adapun di salon kecantikan khusus, menggunakan sendok una. Tekniknya pun tidak bisa sembarangan untuk menghindari luka pada kulit.

sendok-una-alat-pencet-komedo-banyak-digunakan-di-salon

Sendok una yang sering dipakai di salon untuk memencet komedo

Kebiasaan memencet komedo bisa merusak pori-pori kulit.

Karena seharusnya setelah komedo isinya keluar maka pori-porinya akan kembali menutup.

Sayangnya kalau kita sudah sering memencet komedo maka pori-pori tersebut akan menjadi rusak. Jadi pori-porinya tidak bisa menutup dengan baik lagi bisa menutup.

Bahkan kalau salah salah bisa terbentuk lubang baru.

Makanya biasanya kelihatan pori-porinya seakan-akan bertambah besar.

gambar lubang scar luka akibat memencet komedo sembarangan

Sumber gambar: www.thepowerofinformation.eu

Padahal itu adalah lubang baru sebagai luka akibat memencet komedo.

Jadi komedo jangan dipencet-pencet agar tidak menimbulkan bekas.

Jadi bagaimana cara yang benar untuk menghilangkan komedo?

Cara yang aman untuk menghilangkan komedo adalah dengan menggunakan peeling.

Bisa jadi berupa cairan, lulur, ataupun masker.

Yang berupa cairang berfungsi untuk menghancurkan lemak dalam pori-pori yang tersumbat itu sehingga mudah untuk keluar.

Adapun masker, biasanya setelah dipakai lalu didiamkan kurang lebih 30 menit. Setelah kering maskernya diangkat dan komedonya pun ikut keluar.

Baca juga: Masker Qiansoto membantu mengangkat komedo

Qiansoto masker untuk komedo aman terdaftar badan POM

kontak bbm elifah kontak whatsapp elifah

 

Apa beda komedo hitam dan putih?

Pernah dengar antara komedo hitam dan komedo putih? Bedanya yaitu adalah dari sisi tertutup dan terbuka nya.

Bisa dilihat di gambar berikut, bedanya sebenarnya dari sisi lokasi munculnya komedo tersebut.

Beda antara komedo putih dan komedo hitam

sumber gambar: www.dermnetnz.org

Jadi pada komedo hitam itu karena letaknya di permukaan, sehingga ujungnya terbuka dan langsung terpapar dengan udara luar. Akibatnya minyak pada komedo itu teroksidasi sehingga dia menjadi berwarna hitam.

Adapun pada komedo putih nya lebih dalam jadi ada lapisan epitel kulit yang menutupi komedo tersebut. Jadi dengan demikian komedo tersebut tidak teroksidasi oleh udara sehingga warnanya tidak menjadi hitam.

 

Dari dapur anda, ada rahasia untuk menghilangkan komedo

Bagi anda yang suka bahan-bahan alami adacara tradisional menghilangkan komedo dalam 1 malam.

Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang banyak tersedia di pasar. Atau bisa jadi sudah ada di dapur anda.

Ya kita buat dulu ramuan pembasmi komedo dengan cara yang sangat mudah.

Caranya yaitu dengan mencampurkan bubuk kayu manis dengan air perasan lemon.

Ambil kayu manis nya mungkin sekitar setengah sendok makan, kemudian kita campur kan dengan air perasan jeruk lemon nya kurang lebih satu sendok makan.

Kemudian campur hingga keduanya menyatu mirip seperti pasta.

Bubuk kayu manis dicampur dengan perasan lemon untuk membersihkan komedo

sumber gambar: transtv

Jadi sebelum memakai campuran alami ini anda bersihkan wajah terlebih dahulu dari kotoran-kotoran wajah, termasuk make up.

Setelah itu Anda oleskan sebagai masker sesaat sebelum tidur dan diamkan semalaman.

Oleskan maskernya agak tebal dan merata sampai daerah komedo tertutupi semuanya.

Jadi dibawa tidur aja, kemudian pagi harinya cuci wajah dengan sabun muka seperti biasa.

Baca juga: Sabun pencuci muka yang efektif mencegah jerawat

Nggak perlu ke salon gak perlu ke dokter.

Bagaimana menghilangkan bekas komedo dan jerawat

Sebelumnya kita sudah cerita bagaimana komedo yang dipencet bisa meninggalkan bekas.

Paling minimal, bekasnya berupa kemerahan dan bengkak.

Setelah itu maka lapisan kulit paling luar yang mengalami trauma akan menghitam dan menjadi flek.

Adapun kalau anda sudah mengalami masalah dengan bekas jerawat atau bekas komedo, bisa gunakan minyak argan untuk membantu menghilangkan luka bekas tersebut.

Baca selengkapnya: Minyak argan yang ampuh mengatasi luka bekas jerawat dan komedo.

Bekas luka yang bisa diobati dengan minyak argan ini adalah berupa flek dan bengkak.

Adapun jika sudah membentuk scar atau biasa disebut bopeng maka perlu tindakan lebih lanjut berupa peeling mekanik oleh dokter ahli kecantikan.

Oleh karena itu pepatah lama bilang mencegah lebih baik daripada mengobati.

Cegah bekas komedo jangan dipencet, kalau sudah jadi scar bakal lama penyembuhannya dan butuh biaya banyak.

Kesimpulan:

  • Hindari 3 penyebab komedo yang paling sering di Indonesia yaitu: makanan berminyak, malas bersihkan muka, dan merokok.
  • Komedo jangan dipencet, bisa bikin bopeng. Solusinya gunakan produk seperti masker, obat oles atau plester komedo.

Semoga info yang sedikit ini bisa membawa manfaat untuk anda.

 

Yang dicari pengunjung sebelum anda:
  • komedo
  • akibat komedo dipencet
  • komedo hitam
  • titik komedo gak keluar
  • solusi komedo putih
  • penyebab komedo hitam
  • caranya supaya gk kena comedo
  • cara agar komedo tidak tambah banyak
  • bekas komedo di pipi
  • apa kekurangan menghilangkan komedo menggunakan sendok una
Bagikan ke teman anda yang belum tahu
TwitterFacebookGoogle+Pin It

error: Maaf, seleksi text dinonaktifkan